Books

Samudera Pasai: Cinta dan Pengkhianatan

Penulis: Putra Gara
Editor: Melvi Yendra
Penerbit: Hikmah Publishing House, 2010

Putra Gara, penulis novel ini, sudah memulai karier jurnalistiknya sejak SMA, sebagai wartawan freelance untuk koran-koran mingguan. Dia juga aktif menulis cerita di majalah-majalah remaja. Selain hobi melukis dan menulis skenario, ia juga seorang sutradara. Dia pernah menerbitkan buku kumpulan cerita, tetapi ini adalah novel perdananya, yang mengambil latar sejarah Aceh.

Novel 452 halaman ini berkisah tentang tiga generasi di jantung Kerajaan Samudra Pasai, yang berjuang untuk negeri yang sama, namun dengan kisah yang berbeda. Malikussaleh, sang pendiri, adalah sosok penuh kharisma dan sangat dicintai rakyatnya. Ia pergi, saat kecintaan seluruh negeri sedang memuncak padanya. Malikuddhahir, terperangkap dalam bara dendam musuh lama, yang nyaris memicu perang saudara yang penuh darah. Malikuddhahir II, terjebak dalam kisah cinta tak sampai, yang membawa pergi jauh dirinya untuk mengobati luka hatinya, namun kemudian kembali menjadi sosok yang gagah perwira.

Samudra Pasai, kerajaan Islam pertama yang ada di Nusantara. Kerajaan yang makmur dan berdaulatm dengan raja yang adil dan bijaksana, berada di ujung tanduk, saat Gajah Mada berniat memperluas wilayah kekuasaannya.[]

Standard

One thought on “Samudera Pasai: Cinta dan Pengkhianatan

Leave a comment